Infomeshon

Blog Berbagi Info Tentang Blogger, Android, Internet dan Komputer

Cara Mengatasi Baterai Smartphone yang Sering Ngedrop

Salah satu masalah bagi pengguna smartphone adalah cepat habisnya daya baterai atau sering kita sebut dengan baterai ngedrop. Pastinya jengkel banget kan kalau ponsel cerdasnya suka ngedrop? Pas lagi penting-pentingnya, eh smartphone mati, wah udah pengen dibanting aja tuh smartphone. Baterai drop bisa terjadi karena perlakuan kita pada smartphone, seperti tetap memaksa menggunakan smartphone saat baterai lemah, tidak mencharge baterai secara full, dan sebagainya. Tapi tenang, bila sudah terlanjur ngedrop, kamu bisa mengatasinya dengan cara sederhana berikut ini.
Pada dasarnya, OS Android mempunyai sistem pengaturan baterai yang akan menampilkan kapasitas dari baterai itu sendiri. Namun, ada kalanya sistem tersebut rusak dan daya yang ditampilkan tidak sama dengan yang ada tersimpan di dalam baterai. Hal inilah yang terkadang membuat smartphone mudah ngedrop disaat baterai masih bekerja normal.

batu baterai, ilustrasi baterai smartphone ngedrop, daya baterai smartphon
baterai smartphone / gizmodo.com
Untuk mengatasi hal itu, kamu perlu melakukan kalibrasi. Kalibrasi adalah metode untuk mengembalikan sistem pengaturan baterai smartphone Android agar kembali normal seperti awalnya.

Biasanya, untuk melakukan kalibrasi, kita perlu sebuah aplikasi khusus atau bisa juga dengan meroot smartphone. Namun, sebelum repot-repot melakukan hal tersebut, kamu bisa mencoba cara mudah dan sederhana dalam mengkalibrasi baterai smartphone.

Langkah mudah dan sederhana kalibrasi baterai smartphone :

  1. Isi ulang baterai hingga penuh. Setelah baterai terisi penuh, cabut chargerdan matikan smartphone. Setelah itu nyalakan smartphone, atur agar lampu background nyala terus, biasanya ada di setting tampilan.
  2. Sekali lagi charge baterai sampai 100 persen dalam kondisi smartphone hidup. Kemudian lepas charger dan pakai smartphone seperti biasa hingga baterainya habis atau mencapai 0 persen.
Cukup 2 langkah di atas saja, dan baterai smartphone kamu sudah terkalibrasi. Kamu bisa mengisi ulang lagi dayanya dan digunakan seperti biasa. Ulangi cara kalibrasi di atas jika baterai mulai ngedrop lagi.
Namun, bisa juga cara kalibrasi di atas tidak akan manjur jika baterai smartphone kamu sudah menunjukkan tanda-tanda kerusakan secara fisik, seperti menggelembung.

Oia, jangan lupa mengembalikan pengaturan lampu background smartphone kamu ke posisi semula sebelum di kalibrasi.
0 Komentar untuk "Cara Mengatasi Baterai Smartphone yang Sering Ngedrop"

Silakan berkomentar sesuai dengan topik. Jangan menyisipkan link aktif pada komentar dan jangan sampai komentar Anda masuk komentar SPAM.

Jangan salahkan Saya bila komentar Anda dihapus !

 
Copyright © 2014 Infomeshon - All Rights Reserved
Template By. Catatan Info